Buka jam 08.00 s/d jam 17.00 ,Minggu libur
Beranda » Uncategorized » Jual Model Batik Terbaru Jogja

Jual Model Batik Terbaru Jogja

Ditambahkan pada: 15 April 2018 / Kategori:
Limited Edition
OFF 20%
Kode : 01
Berat : 0.5 kg kg
Stok : Ready Stock
Dilihat : 8 kali
Review : Belum ada review
Rp 400.000 Sebelum Rp 500.000
(OFF 20%) Hemat Rp 100.000
Cara Order How to Order!
Pesan melalui SMS? Klik SMS

Bagikan informasi tentang Jual Model Batik Terbaru Jogja kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Jual Model Batik Terbaru Jogja

 

Seperti kita ketahui bersama, bahwa saat ini Batik sudah menjadi bagian kehidupan berbusana masyarakat Indonesia. Batik juga diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia yang harus di jaga kelestariannya. Berbagai motif batik pun bermunculan seiring perjalanan zaman.

Dari sekian banyak motif batik yang ada saat ini, batik khas Jogja (Yogyakarta) dan Solo masih menjadi primadona bagi kalangan para pecinta batik.

Bagaimana membedakan  motif batik Jogja dan Solo  yang merupakan pecahan kerajaan Mataram tersebut?

Ada perbedaan signifikan antara motif batik dari kota Jogja dan Solo. “Dalam motif batik tradisional, perbedaan signifikan dari batik Jogja dan Solo terletak pada latar belakang motif dan hiasan motif. Batik jogja cenderung menggunakan background motif warna putih sedangkan Solo cenderung ke warna coklat atau gelap”. Hal ini sesuai dengan pendapat  Alfa Fabela Priyatmono, Ketua Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan, Solo,

Namunpun  demikian,  banyak juga batik Jogja yang memiliki warna dasar hitam atau gelap, walau warna hitam Jogja cenderung kebiruan, sedangkan warna gelap batik Solo kebanyakan hitam kecoklatan.

Jadi perbedaan keduanya adalah pada motif. Meskipun masih sama-sama mempertahankan desain-desain baku dari keraton.

Selanjutnya kata Alfa seorang ahli batik, saat ditemui di kediamannya di Laweyan, Kota Solo, ada hal yang berbeda. “Misalnya pada motif parang, Jogja hanya parang saja dengan latar belakang putih, tetapi parang Solo di sisinya akan ada tambahan gambar,” Selain itu, motif parang Solo arahnya dari kiri atas ke kanan bawah. Sedangkan motif parang Jogja menggunakan jalur sebaliknya yaitu dari kanan atas ke kiri bawah.

Alfa lebih lanjut memaparkan, perkembangan batik saat ini sangat dinamis namun masih juga mempertahankan motif-motif baku dari keraton, baik Keraton Jogja dan Solo, karena keduanya berasal dari satu kerajaan.

Selain penjelasan dari Laweyan Solo, Kepala Program  Studi Kriya Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta, Tiwi Bina Affanti  menjelaskan bahwa. “Corak garis batik di Jogja cenderung lebih besar dan tebal, sednkan corak garis di Solo lebih kecil dan tipis,” munculnya perbedaan tersebut tidak lepas dari sejarah terjadinya kedua keraton, Solo dan Jogja, sejak  dilakukannya Perjanjian Giyanti pada masa Kerjaaan Mataram Islam.

Penjelasan  lebih lanjut menurut  Kepala Program  Studi Kriya Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain  Universitas Sebelas Maret Surakarta , adalah bahwa “Perkembangan motif batik sejak masa tersebut sangat terlihat dengan dengan jelas perbedaannya yaitu, dengan cara  memunculkan perbedaan motif batik dari kedua kota tersebut. Batik Solo memunculkan istilah Latar Cemeng (pelataran hitam) dan di jogja Latar Pethak (pelataran putih),” katanya. Sedangkan menurut beberapa pengamat batik, bila dicermati, kebanyakan batik Jogja memiliki kesan gagah dan bernilai tinggi (adiluhung) karena motif yang tegas, sedangkan batik-batik yang berasal dari Solo menonjolkan keindahan (edi peni) dengan motif yang lebih halus.

Seni  batik peninggalan para leluhur dari keraton Solo dan Jogja sampai saat ini berkembang dengan baik dan bahkan makin diminati oleh masyarakat Indonesia hingga sampai mancanegara walapun era masyarakat saat ini dikategorikan masyarakat  modern  karena kecanggihan teknologinya.

Ini artinya bahwa  seni batik selain sebagai karya seni yang luhur sebagai peninggalan leluhur asli nenek moyang masyarakat Indonesia, juga mengandung makna yang dalam sebagai filosofi kehidupan manusia yang dirancang secara teliti, matang dan  berkesinambungan.

 

 

Belum ada review untuk Jual Model Batik Terbaru Jogja

Silahkan tulis review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

12345

Produk Terkait Jual Model Batik Terbaru Jogja

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

Limited Edition
OFF 20%
Rp 400.000 Rp 500.000
Ready Stock
Kode: 01
Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan